RPP Materi Beriman Kepada
Malaikat-Malaikat Allah
Kelas 4 SD Semester 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SD Negeri 3 Manis Kidul
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
IV/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengenal Malaikat-Malaikat Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 35
menit ( 1 pertemuan)
|
A.
Standar
Kompetensi
-
Beriman kepada malaikat-malaikat Allah
B.
Kompetensi
Dasar
-
Mengenal malaikat-malaikat Allah
C.
Indikator
Kompetensi
1.
Menjelaskan pengertian tentang beriman
kepada malaikat disertai dalil naqli.
2.
Menyebutkan nama-nama malaikat beserta
tugas-tugasnya.
3.
Menyebutkan sifat-sifat malaikat dan
perbedaan dengan makhluk lainnya
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian Iman kepada Malaikat
Malaikat
adalah makhluk ciptaan Allah subahanahu
wata’ala yang harus diyakini adanya. Malaikat adalah makhluk yang
diciptakan dari cahaya, dan malaikat taat dalam beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala, serta mengerjakan
semua tugas-tugas-Nya. Beriman kepada malaikat artinya meyakini dengan sepenuh
hati bahwa malaikat itu makhluk ciptaan Allah yang senantiasa patuh menjalankan
tugas dan tidak pernah durhaka sedikit pun.
Dalil
Naqli tentang Malaikat
ßôJptø:$# ¬! ÌÏÛ$sù
ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur È@Ïã%y`
Ïps3Í´¯»n=yJø9$#
¸xßâ
þÍ<'ré&
7pysÏZô_r&
4oY÷V¨B
y]»n=èOur yì»t/âur
4 ...
Segala puji bagi Allah
Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan Malaikat sebagai utusan-utusan (untuk
mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang)
dua, tiga dan empat. (Q.S. Fatir : 1)
2.
Nama Malaikat dan
Tugasnya
Malaikat
menurut akidah Islam adalah makhluk gaib ciptaan Allah subhanahu wata’ala yang senantiasa taat kepada-Nya serta bertasbih
memuji dan menyucikan-Nya. Makhluk gaib artinya makhluk yang tidak dapat
dilihat, didengar atau diraba. Walaupun malaikat itu makhluk gaib, tetap kita
wajib mempercayai adanya malaikat. Percaya kepada malaikat-malaikat Allah
adalah rukun iman yang kedua.
Berikut
ini 10 nama-nama malaikat dan tugasnya masing-masing yang wajib kita ketahui,
yaitu:
- Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dari Allah subhanahu wata’ala kepada nabi dan rasul, sejak nabi Adam ‘alaihi sallam sampai nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam
- Malaikat Mikail, bertugas menurunkan rezeki kepada manusia, termasuk juga mengatur hujan dan angin.
- Malaikat Israfil, bertugas meniup terompet atau sangkakala pada hari kiamat.
- Malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa manusia, karenanya, malaikat Izrail disebut juga malaikat maut.
- Malaikat Munkar, bertugas sebagai penanya manusia di alam kubur.
- Malaikat Nakir, bertugas sebagai penanya manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar.
- Malaikat Raqib, tugasnya mencatat amal kebajikan yang dilakukan manusia.
- Malaikat Atid, tugasnya mencatat amal kejahatan yang dilakukan manusia.
- Malaikat Malik, bertugas menjaga pintu neraka.
- Malaikat Ridawan, bertugas menjaga pintu surga.
3.
Sifat-Sifat Malaikat
dan perbedaan dengan makhluk lainnya
Malaikat
adalah makluk ciptaan Allah subhanahu
wata’ala yang berbeda dengan makhluk lainnya. Sifat-sifat malaikat antara
lain:
a.
Malaikat tidak makan,
tidak minum, dan tidak tidur.
b.
Malaikat tidak berjenis
kelamin laki-laki atau perempuan.
c.
Malaikat tidak memiliki
hawa nafsu.
d.
Malaikat selalu taat
kepada Allah subhanahu wata’ala dan
tidak pernah berbuat dosa.
Dan diantara perbedaan malaikat dengan
makhluk lainnya adalah:
a.
Malaikat terbuat dari
Nur / cahaya
b.
Malaikat mempunyai
tangan dan sayap
c.
Selalu taat kepada
Allah
d.
Tidak makan, tidak
minum, dan tidak tidur
e.
Tidak mati hingga hari
kiamat
E.
Strategi
dan Metode Pembelajaran
1.
Strategi Pembelajaran
-
Strategi pembelajaran kontekstual
2.
Metode Pembelajaran
-
Metode Ceramah
-
Metode Tanya jawab
-
Metode Mencocokkan nama dan tugas
Malaikat
F.
Sumber,
Alat, dan Media Pembelajaran
1.
Sumber Pembelajaran
-
Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas
4
2.
Alat dan Media
-
Laptop
-
Screen/layar
-
Proyektor
-
Kartu-kartu nama malaikat dan tugas
malaikat
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan (3 menit)
a.
Guru mengucapkan salam.
b.
Berdoa bersama.
c.
Guru mencatat kehadiran siswa.
d.
Tanya jawab sebagai apersepsi.
e.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (15
menit)
f.
Eksplorasi
1)
Guru menjelaskan
tentang materi beriman kepada malaikat.
2)
Guru membagikan secara
acak kartu kepada siswa yang telah dipersiapkan yang berisi nama / tugas-tugas
malaikat.
3)
Guru memberikan sebuah
cerita pada siswa yang didalamnya mengandung pesan tentang iman kepada
malaikat.
g. Elaborasi
1)
Siswa menyimak penjelasan
dari guru mengenai iman kepada malaikat.
2)
Dengan aba-aba guru, masing-masing
siswa diminta menyebutkan apa jawaban dari kartu yang telah dibagikan, berisi
tugas-tugas malaikat / nama-nama malaikat
3)
Siswa menyimak cerita
dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan guru yang di dalamnya mengandung
pesan tentang iman kepada malaikat, kemudian mereka mengidentifikasi nama-nama
dan tugas malaikat yang secara tersirat tercantum dalam cerita.
h. Konfirmasi
1)
Guru menanya kembali
mengenai materi iman kepada Malaikat
2)
Siswa di bawah
bimbingan guru, menyimpulkan materi pembelajaran secara langsung
3.
Penutup (2 menit)
a. Guru
bersama‐sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
b.
Berdo'a untuk mengakhiri pelajaran.
c.
Salam.
H.
Pendidikan
Karakter
Setelah mempelajari
materi tentang beriman kepada malaikat-malaikat, siswa diharapkan dapat
memiliki karakter religius.
I.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
-
Teknik Penilaian : Tes
-
Bentuk Penilaian : Tes tertulis
-
Instrumen : Tes bentuk uraian
a.
Apa yang dimaksud dengan beriman kepada
malaikat?
b.
Ada berapa malaikat yang wajib kita
ketahui? Sebutkan!
c.
Sebutkan tugas malaikat Raqib dan Atid!
d.
Siapakah malaikat yang bertugas mencabut
nyawa?
e.
Sebutkan sifat-sifat malaikat!
2.
Penilaian Afektif
-
Teknik Penilaian : Non Tes
-
Bentuk Penilaian : Observasi
-
Instrumen :
No.
|
Nama
Siswa
|
Skor
|
Jumlah
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek yang dinilai:
A
= Tertib mengikuti proses
pembelajaran
B
= Keaktifan dalam proses
pembelajaran
C
= Kerjasama dalam kelompok
D
= Keaktifan dalam permainan
Kriteria penilaian
Skor maksimum = 100
3.
Penilaian Psikomotorik
-
Teknik Penilaian : Tes
-
Bentuk Penilaian :
Hafalan nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya!
-
Instrumen :
No.
|
Nama
Siswa
|
Skor
|
Jumlah
|
|||
Hapal
dengan lancar (0-100)
|
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Manis Kidul, April 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
(.....................................)
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran
(........................................)
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar