Contoh RPP SMP/Mts Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Jalaksana
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami sejarah Khulafaur Rasyidin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8. 1. Menjelaskan tokoh-tokoh
Khulafaur Rasyidin
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Ø
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami sejarah pada masa Khulafaur Rasyidin serta dapat mengenal setiap tokoh-tokoh Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abu Thalib
Ø Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Ø
Materi
Pembelajaran
- 4 sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam yang termasuk dalam Khulafaur Rasyidin
Ø
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
- Dan lain-lain
Ø
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru mengenalkan kepada siswa tentang tokoh-tokoh Khulafaur Rasyidin
- Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
Kegiatan Inti
- Eksplorasi
·
Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan
diskusi yang harus dilakukan siswa.
- Elaborasi
·
Siswa berdiskusi dalam masing-masing kelompoknya untuk menjelaskan tentang masing-masing
tokoh Khalifah dalam setiap
kelompoknya
- Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan )
·
Siswa melaporkan hasilnya.
Kegiatan Penutup
- Peserta didik membuat rangkuman pelajaran;
- Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Ø
Sumber Belajar
·
Buku Ayo
Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
Dan
buku-buku sejarah Islam lainnya.
Ø
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan tokoh-tokoh Khulafaur Rasyidin
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan siapa saja tokoh Khulafaur Rasyidin?
§ Mengapa Khalifah Abu Bakar
dijuluki Ash-Shiddiq?
§ Mengapa Khalifah Umar mendapatkan
gelar Al-Faruq?
§ Jelaskan tujuan Khalifah Usman
membukukan Al-Qur’an?
§ Mengapa Khalifah Ali termasuk
dalam Assabiqunal Awwalaun?
|
........................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
H. Kardja
Sutisna, M. Pd Abdul
Aziz, S. Pd. I
NIP
NIP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Jalaksana
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Memahami sejarah Khulafaur Rasyidin
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
8. 2. Menjelaskan masa
pemerintahan Khulafaur Rasyidin
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1
pertemuan)
|
Ø
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan tentang masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin, wilayah yang berhasil ditaklukkan pada masa Khulafaur Rasyidin serta penyebaran Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin
Ø Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely
)
Ø
Materi
Pembelajaran
- Masa pemerintahan, perluasan wilayah serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq
- Masa pemerintahan, perluasan wilayah serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Umar Bin Khattab
- Masa pemerintahan, perluasan wilayah serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Utsman bin Affan
- Masa pemerintahan, perluasan wilayah serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Ali bin Abu Thalib
Ø
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
- Dan lain-lain
Ø
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya belajar sejarah masa pemerintahan 4 Khulafaur Rasyidin
Kegiatan Inti
- Eksplorasi
·
Guru menceritakan masa pemerintahan, perluasan wilayah dan
penyebaran Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin sebagai pengantar siswa menyaksikan VCD Sejarah Khulafaur Rasyidin.
- Elaborasi
·
Siswa menyaksikan film tentang sejarah Khulafaur Rasyidin dari masa Khalifah Abu Bakar sampai masa Khalifah Ali
·
Siswa memberikan kesan secara langsung
- Konfirmasi
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
·
Peserta
didik membuat kesimpulan tertulis
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
·
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Ø
Sumber Belajar
·
Buku Ayo
Belajar Agama Islam untuk SMP,
·
LKS MGMP PAI
·
VCD Sejarah Khulafaur Rasyiidin
·
Dan
lain-lain
Ø
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menjelaskan masa pemerintahan, perluasan wilayah
serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq
§
Menjelaskan masa pemerintahan, perluasan wilayah
serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Umar bin Khattab
§
Menjelaskan masa pemerintahan, perluasan wilayah
serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Utsman bin Affan
§
Menjelaskan masa pemerintahan, perluasan wilayah
serta penyebaran Islam pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan lama masa pemerintahan
pada masing-masing tokoh Khulafaur
Rasyidin
§ Jelaskan peran Khalifah Abu Bakar
dalam memberantas orang-orang yang enggan membayar zakat dan kepada nabi
palsu
§ Keberhasilan apa saja yang dicapai
oleh Khalifah Umar bin Khattab, jelaskan!
§ Wilayah mana saja yang termasuk
kekuasaan Islam pada masa Khalifah Usman bin Affan?
§ Kapan berakhirnya kekuasaan
khalifah Ali dan siapakah penggantinya?
|
......................., ................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
H. Kardja
Sutisna, M. Pd Abdul
Aziz, S. Pd. I
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar